Langsung ke konten utama

PERUBAHAN IKLIM GLOBAL

PERUBAHAN  IKLIM

Bumi bukanlah warisan dari nenek moyang melainkan titipan dari anak cucu kita.
Bumi menyediakan dengan cukup untuk memuaskan setiap kebutuhan manusia, tetapi bukan untuk keserakahannya.
Manusia harus memahami bumi untuk mengetahui dirinya dan mengenal nilai-nilainya, Tuhan menjadikan hidup itu sederhana, namun manusialah yang menjadikannya rumit.
Apa yang kita perbuat terhadap hutan yang ada di dunia adalah cerminan dari apa yang kita perbuat untuk diri kita dan sesama.


Perubahan iklim saat ini telah mengkhawatirkan dunia. Berbagai fenomena cuaca yang tidak menentu telah dirasakan dampaknya oleh manusia, mulai dari krisis pangan akibat gagal panen, krisis air bersih hingga penyebaran wabah penyakit.
Hutan memiliki peran yg sangat penting dlm mitigasi perubahan iklim global yg dpt dipandang secara sederhana, yaitu sebagai penyerap dan penyimpan karbon jika hutan difungsikan sebagai mana mestinya.
Agar hutan dapat berfungsi secara optimal dalam upaya melawan (mitigasi) perubahan iklim, diperlukan tata kelola hutan. Tata kelola hutan harus bersifat dinamis, karena itu harus memperhatikan penguasaan aspek teknis serta aspek-aspek lainnya, seperti sosial, budaya, ekonomi dan kebijakan, baik nasional maupun sub nasional (daerah dan lokal)


Apa Itu Perubahan Iklim?

Istilah efek rumah kaca, pemanasan global dan perubahan iklim digunakan untuk menggambarkan masalah yang  sama, walaupun istilah-istilah tersebut menunjukkna hubungan sebab-akibatt.
Efek rumah kaca adalah penyebab sementara pemanasan global dan perubahan iklim adalah akibat. Efek rumah kaca menyebabkan terjadinya akumulasi panas di atmosfir dan memicu naikny temperatur rata-rata bumi yg kemudian lebih dikenal dengan istilah pemanasan global. Pemanasan global menyebabkan terjadinya perubahan iklim.
Perubahan iklim merupakan suatu keadaan berubahnya pola iklim. Oleh karena itu, lebih tepat jika kita pahami secara sederhana bahwa peubahan ikilim tersebut adalah perubahan iklim tersebut adalah perubahan beberapa variable iklim seperti suhu udara, curah hujan dan musim.

Terdapat 3 kategori mitigasi perubahan iklim untuk sektor kehutanan, sebagai berikut :
a.       Peningkatan pengelolaan hutan melalui kegiatan sustainable forest management
b.      Aforestasi/Reforestasi melalui Program CDM
c.       Reducing Emissions from Deforestation and Degradation (REDD+)

Aforestasi/Reforestasi

Aforestasi merupakan upaya menghutankan areal yang pada msa 50 tahun lalu bukan merupakan hutan.
Reforestasi adalah upaya menghutankan kembali areal yang dulunya pernah menjadi hutan.
Aforestasi/Reforestasi dapat diwujudkan dalam program CDM (Clean Development Mechanism) yaitu suatu mekanisme yang dimuat dalam Protokol Kyoto untuk membantu kewajiban negara maju dalam menurunkn sebagian  emisi gas rumah kacanya.
Kerjasama antara negara maju/industri dan negara bekembang dengan prinsip wwin-win solution. Adapun bentuk kejasama Negara maju menanamkan investasinya pada proyek-proyek di negara berkembang untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, yg utama seperti CO2 dan CH4. Sebagai insentifnya negara maju akan mendapatkan CER’s (Cetified Emission Reduction) dan negara bekembang dapat mencapai pembangunan berkelanjutan serta ketersediaan pangan yang cukup.
Contoh proyek dalm CDM di bidang kehutanan, sebagai berikut :

1)      Rehabilitasi lahan rusak (akibat kebakaran atau penebangan, seperti lahan yang telah gundul ditanami kembali.
2)      Agroforestry
3)      Perlindungan areal hutan untuk menjaga siklus karbon, seperti mendorong wilayah dengan tutupan hutan lebat untuk dipertahankan.

Reducing Emissions from Deforestation and Degradation Plus (REDD+)


Pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan (REDD+) adalah semua upaya pengelolaah hutan dalam rangka pencegahan dan atau pengurangan penurunan kuantitas tutupan hutan dan stok karbon yang dilakukan melalui berbagai kegiatan untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan (Permenhut No. 30/2009)

Link =
https://www.facebook.com/karyaakyat17/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA PIJAT URUT SALATIGA

JASA PIJAT URUT TRADISIONAL SALATGA Respon cepat  tlp/wa : 081238517669 Kami melayani jasa pijat urut area sala tga dan sekitarnya. Layanan kami meliputi pijat ful body dgn minyak zaitun yg bisa menghilangka pegal linu,salah urat,kesleo,dan menjaga kebugara tubuh anda. Kami siap melayani panggilan di wilayah kota sala tiga dan sekitarnya. Semoga layanan kami bermanfaat dalam keberlangsungan kesehatan kta. Alhamdulillahirabbil'alamin.

JASA PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN TERMURAH DI SEMARANG

KONSULTASI  PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN WILAYAH SEMARANG & SALATIGA  KARYA RAKYAT LAYANAN CEPAT WA/TELP. 081225723489/  0895410577613  /  085801557407 Email :  karyarakyat17@gmail.com Kami menyediakan jasa untuk pembuatan Akta Kelahiran. Untuk saat ini Akta Kelahiran sangat penting untuk dimiliki dan diurus, bagi Anda maupun  putra-putrinya yang belum memiliki Akta Kelahiran sebaiknya segera untuk diurus/dibuatkan. Kenapa akta lahir anak  harus cepat diurus ? 1. Menghindari denda keterlambatan 2. Akta penting saat pendaftaran sekolah si kecil 3. Mempermudah anda dan anak anda ke luar negeri 4. Syarat untuk menikah 5. DLL Bagi anda yang tidak mau ribet urusan pegurusan akta lahir dan tidak mau membuang waktu dalam pengurusan akta anak, Anda bisa menggunakan jasa kami. Cukup siapkan : 1. fotocopi KTP orangtua. 2. fotocopi C1/KK orangtua atau KK asli jika belum masuk  KK. 3. Fotocopi surat nikah legalisir atau asli 4. Surat kelahiran asli dari bidan/Rum

JASA TEBANG POHON SOLO

JASA TEBANG POHON TERMURAH SOLO Fast Respon WA/SMS 081238517669/081339771144 Apakah Anda memiliki pohon yang ingin dipangkas atau dipotong. Bahkan dibersihkan sampai dengan akarnya? Atau pohon yang Anda miliki sudah terlalu tinggi atau terlalu rimbun daun dan dahannya, atau sudah tua dan rapuh sehingga keberadaannya di lingkungan Anda sangat mengkhawatirkan. Kami menerima jasa penebangan pohon pemangkasan rumput ,pemangkasan dahan,jasa buang puing dan sampah sisa penebangan. Khusus jasa tebang pohon dapat kan diskon penawaran harga terjangkau sesuai tinggi pohon dan kesulitan. Untuk sampah penebangan pohon bisa kami angkut sampai bersih dan rapih. Kami juga menyadiakan jasa rawatan taman dan  tukang bangunan Di kerjakan oleh teknisi kami yang berpengalaman dan profesional Jangan ragu untuk menhubungi kami Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami PELAYANAN KAMI MELIPUTI AREA ; 1. KLATEN 2. SUKOHARJO 3.WONOGIRI 4. BOYOLALI 5.